Kamis, 06 Oktober 2011

RESEP MEMBUAT ROTI BAGEL

Bagel adalah roti berbentuk bulat seperti donat dengan tekstur kering dan dan renyah di luar, namun liat di bagian dalamnya. Sangat populer di New York sebagai menu sarapan. Biasanya, di warga New York mengoleskan krim keju pada bagel dan disantap dengan secangkir kopi.

Sebagai variasi, permukaan bagel bisa juga ditaburi wijen, poppy seed atau biji bunga matahari.
Jangan menggunakan air panas saat menguleni adonan bagel. Karena ragi akan mati pada suhu di atas 40 derajat Celcius.
Hindari menambahkan ragi secara bersamaan dengan garam karena garam juga dapat menyebabkan ragi mati.
Resep Roti Bagel
Roti Bagel
Bahan:
500 gr tepung terigu khusus untuk roti, ayak
1 sdm gula pasir
2 sdt ragi instan
350 ml air hangat (suam-suam kuku)
1 sdm minyak sayur
1 1/2 sdt garam
1 1/2 liter air yang didihkan
1/2 sdt soda kue, didihkan
Cara membuat:
Campurkan tepung terigu bersama gula pasir, air hangat, ragi instan dan minyak sayur dalam wadah yang besar. Aduk rata dan kemudian masukkan garam. Aduk lagi sampai rata.
Pindahkan adonan ke atas permukaan datar bertabur tepung. Uleni selama 10 menit hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Kembalikan ke dalam wadah, tutup dengan plastik lengket dan diamkan selama 20 menit. Jika dirasa adonan sudah mengembang, sisihkan.
Buka tutup wadah, bagi adonan menjadi 8 bagian, bentuk bulat-bulat. Tusuk bagian tengah di setiap bulatan adonan menggunakan jari, kemudian lebarkan lubang di bagian tengah hingga menyerupai donat. Diamkan adonan selama kurang lebih 20 menit hingga mengembang lalu sisihkan.
Rebus setiap adonan bagel di dalam air soda kue yang sudah mendidih, di atas api sedang selama 2 menit di setiap sisinya. Angkat dan tiriskan. Diamkan adonan selama 5 menit hingga mengering.
Letakkan adonan di atas loyang bersemir minyak, beri jarak diantaranya. Panggang di dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit hingga matang.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Widyaswara | Address : Jl. Kalidami viii/25 Surabaya - Telp.(031) 5926865, 081322430013 | Blogger Templates